Dies Natalis ke-37 HMS ITENAS

 Dies Natalis ke-37 “GAVASKA”, HMS ITENAS

Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung ke-37 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung sebagai bentuk rasa syukur atas bertambahnya usia HMS Itenas yang berdiri sejak 5 Desember 1985. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin rasa silaturahmi dan kekeluargaan antar elemen HMS dan HMP (Himpunan Mahasiswa  Prodi).

Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung memperingati hari jadi ke-37 pada tanggal 5 Desember 2022 yang artinya saat ini sudah berumur 37 tahun.

Mengangkat tema “Amerta” yang diambil dari Bahasa Sanskerta memiliki arti abadi atau tidak mati. Adapun arti lain yaitu air kehidupan, mengisyaratkan bahwa HMS akan abadi dan terus mengalir sekalipun melewati celah sekecil apapun. Menjadi harapan bagi panitia agar penerus HMS kedepannya bisa membuat HMS lebih berkembang, kritis, dan inofatif.

Dari tema, terbitlah judul dari seluruh kegiatan Dies Natalis ini yaitu “Gavaska”. Gavaska diambil dari gabungan beberapa kata Bahasa Sanskerta yaitu “Gama” yang artinya perjalanan, “Anvaya” yang artinya rasa syukur, dan “Aksata” yang artinya tidak perputus. Sehingga, “Gavaska” dapat diartikan sebagai suatu perjalanan yang tidak pernah terputus oleh rasa syukur, dimana dalam memperingati Dies Natalis ke-37 HMS Itenas terdapat banyak perjalanan dengan beragam cerita, maka dari situ sudah sepatutnya kita mensyukuri atas perjalanan HMS Itenas selama ini masih tetap berdiri dan tidak pernah putus akan ikatan tali silaturahminya.

Kegiatan Dies Natalis ke-37 Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung berlangsung selama satu bulan dengan 3 rangkaian kegiatan dari awal bulan desember hingga akhir bulan desember. Rangkaian kegiatan diantaranya Opening Ceremony yang dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2022, Pekan Perlombaan Sipil yang dilaksanakan pada tanggal 13 – 18 Desember 2022, dan Closing Ceremony yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2022.

OPENING CEREMONY (3 Desember 2022)


        Opening Ceremony merupakan rangkaian kegiatan pembuka dalam Dies Natalis ke-37 Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung. Dimulai dengan arak-arakan yang dilaksanakan di depan pelantaran Gedung Serba Guna kemudian berjalan mengelilingi kampus dengan menyanyikan yel-yel, disamping itu HMS mengajak himpunan dari tiap-tiap prodi untuk ikut mengikuti arak-arakan hingga akhirnya semua berkumpul di dalam gedung Student Center.


    Kegiatan berlanjut dengan pembukaan Opening Ceremony yang dibawakan oleh MC dan semua Himpunan Mahasiswa Prodi diarahkan untuk duduk di tempat yang sudah disiapkan oleh panitia. MC membuka dimulai dengan doa kemudian sambutan yang diberikan kepada Ketua Pelaksana Dies Natalis Raden Mochammad Daffa S. Setelah itu sambutan berlanjut diberikan kepada Penanggung Jawab Sementara Himpunan Mahasiswa Sipil Muhammad Daffa Rizky sekaligus pemukulan gong sebagai penanda dibukanya kegiatan Dies Natalis ke-37 ini. Kegiatan berlanjut sampai sesi pemotretan yang diisi oleh perwakilan dari tiap-tiap himpunan prodi di Institut Teknologi Nasional Bandung. 


PEKAN PERLOMBAAN SIPIL (13 – 18 Desember 2022)

    Pekan Perlombaan Sipil merupakan rangkaian kegiatan yang didalamnya berisi lomba ataupun cabang olahraga yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi Institut Teknologi Nasional Bandung. Beberapa lomba diantaranya yaitu Lomba Esai, Lamba Videografi, dan Lomba Poster. Adapun cabang olahraga diantaranya Pertandingan Futsal dan Pertandingan Tenis Meja.


    Pekan Perlombaan Sipil dibuka saat Pertandingan Futsal dilaksanakan, karena Pertandingan Futsal merupakan pertandingan pertama dalam Pekan Perlombaan Sipil. Dimulai pada tanggal 14 Desember 2022 kemudian berlanjut pada tanggal 16 Desember 2022 pertandingan diisi oleh perwakilan tim dari tiap-tiap prodi di Institut Teknologi Nasional Bandung. Hingga pertandingan terakhir dimenangkan oleh tim HMPL.


    Pada tanggal 16 Desember 2022 Pertandingan Tenis Meja dimulai dan diisi oleh tiap-tiap prodi Institut Teknologi Nasional Bandung. Pertandingan Tenis Meja pada akhirnya dimenangkan oleh HMS Aksal. Selain itu terdapat lomba poster yang dilaksanakan pada 14 – 18 Desember dan dimenangkan oleh Fito DKV.

CLOSING CEREMONY (22 Desember 2022)


    Closing Ceremony merupakan rangkaian yang ditunggu-tunggu oleh semua partisipan karena Closing Ceremony merupakan rangkaian penutup dari seluruh rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-37 ini. Malam Puncak adalah sebutan lain dari rangkaian ini didalamnya pun dimeriahkan oleh penampilan dari Guest Star.



    Bertepat di lapangan parkir tenis Institut Teknologi Nasional Bandung rangkaian terakhir Dies Natalis ke-37 Himpunan Mahasiswa Sipil Institut dibuka oleh MC dan pemberian sambutan kepada Ketua Pelaksana Raden Mochammad Daffa S. Kemudian sambutan dilanjut dan diberikan kepada Ketua Himpunan periode 2022/2023 Ahmad Apriandi Pratama.


    Closing Ceremony dilanjut oleh penampilan Guest Star yang terdiri dari penampilan PROJECT ELEVEN, The Agregat, STARZONE, DJ FiENN, dan DJ PASBROK. Tak hanya itu, di dalam sela-sela penampilan panitia memberi ruang untuk dilaksanakannya pengumuman bagi pemenang lomba pada Pekan Perlombaan Sipil dan juga games yang didukung oleh sponsor kegiatan ini yaitu IM3 dan GarudaFood.



“Banyak sekali rintangan untuk bisa menjalankan kegiatan dies natalis ini di masa transisi dunia semenjak pandemi, namun itu tidak menjadikan kendala bagi kita semua untuk terus maju, maju untuk terus menyukseskan kegiatan ini. Seperti tema yang kita bawa yaitu “AMERTA” sekecil apapun celah yang ada di depan, air akan terus mengalir. Menjadi harapan kita semua untuk terus maju dan berkembang, tidak hanya bagi kita tapi juga bagi para penerus HMS itu sendiri nanti”

Ketua Pelaksana – Raden M Daffa 


Panitia Inti Dies Natalis ke-37

    Dies Natalis ke-37 “Gavaska” Himpunan Mahasiswa Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung merupakan kegiatan yang berkesan bagi seluruh mahasiswa Himpunaan Mahasiswa Sipil karena Dies Natalis ini merupakan program kerja yang ada setiap tahunnya. Dari semua mahasiswa aktif, senior, dan alumni berkumpul untuk bisa mengsyukuri akan terus berjalannya himpunan ini.




Komentar

Popular Posts