Sipil Mengabdi Bagi Masyarakat (SIBIMA) Pengabdian Masyarakat HMS Itenas Periode 2019/2020

 SIBIMA (SIPIL MENGABDI BAGI MASYARAKAT)
PENGABDIAN MASYARAKAT
HMS ITENAS PERIODE 2019/2020

Didalam sebuah perguruan tinggi dikenal Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tujuan atau dasar dari didirikannya suatu perguruan tinggi, yaitu menciptakan lulusan mahasiswa/i yang berpendidikan dan berguna tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga berguna bagi masyarakat di Indonesia. Akan tetapi, pada saat ini semangat juang yang dulu sangat membara dalam hal gotong-royong sudah hampir luntur khususnya pada masalah pembangunan.












Pembangunan pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat. Saat ini, pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum di Indonesia telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Kota-kota besar di Indonesia telah banyak dihiasi oleh gedung-gedung pencakar langit seperti perkantoran, apartemen, perumahan mewah, dan fasilitas umum lainnya yang mutunya semakin hari semakin baik.

Namun kemajuan pembangunan di negara kita mengalami permasalahan dalam pemerataan pembangunan. Pembangunan hanya dilaksanakan dan dititik beratkan pada kawasan perkotaan, sedangkan pada kawasan pedesaan kurang mendapat perhatian mengenai pembangunan sehingga kesejahteraan rakyat di pedesaan mengalami kualitas yang buruk. Sangat ironis apabila kita melihat kota-kota besar di Indonesia yang dihiasi dengan gedung pencakar langit, sedangkan desa-desa di Indonesia hanya memiliki rumah seadanya dengan fasilitas MCK dan  kualitas air yang kurang baik.

Semua permasalahan di atas merupakan tanggung jawab kita bersama. Atas dasar itulah kami dari Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Itenas berencana untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk dari pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pada poin kesatu dan poin ketiga yaitu dengan berupaya memberi pengajaran/penyuluhan kepada warga sekitar dan membantu merapihkan desa. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Sungai Citarum, Cikapundung Kolot Cijagra, Bandung Hari Minggu, 27 Oktober 2019.

Komentar

Popular Posts