Civil Festival IX : Mega Atyanta

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan terutama infrastruktur untuk menunjang segala aspek kegiatan di Indonesia. Hal ini berkaitan secara langsung dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang memiliki peranan penting dalam pembangunan tersebut terutama ilmu ketekniksipilan. Perkembangan ini harus diimbangi dengan perkembangan kualitas sumber daya manusia.
Sumber daya manusia khususnya di dunia teknik sipil yang memiliki kompetensi, kreativitas, dan inovasi masih dinilai minim di Indonesia, sedangkan saat ini tingkat persaingan di dunia luar sangat menuntut sumber daya manusia untuk memiliki tiga kriteria tersebut. Untuk itu perlu ditanamkan pola pikir bahwa teknik sipil harus kreatif dan inovatif karena sangat berperan penting dalam pembangunan.
   Himpunan Mahasiswa Sipil Itenas sebagai organisasi mahasiswa yang bersifat keprofesian membuat rangkaian kegiatan yaitu Civil Festival 9 yang diharapkan mampu membantu mengembangkan kreativitas dan inovasi khususnya generasi muda di bidang teknik sipil halmana nantinya akan menjadi pemeran penting dalam pembangunan. 

Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari kegiatan ini sebagai berikut :

1. Meningkatkan eksistensi Himpunan Mahasiswa Sipil Itenas dan ilmu ketekniksipilan ke kalangan masyarakat luas.

2. Mewadahi dan meningkatkan ide kreatif dan inovatif dalam ketekniksipilan khususnya mahasiwa teknik sipil.

3. Membantu membangun pola pikir masyarakat luas untuk mencapai taraf hidup yang lebih maju.


Rangkaian Kegiatan
Rangkaian kegiatan Civil Festival 9 adalah sebagai berikut:

1. Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Fotografi

Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mahasiswa teknik sipil sebagai ajang untuk mewadahi kemampuan akademik. Lomba ini bertemakan “Sistem dan Infrastruktur Transportasi Massal yang Efektif, Efisien, dan Inovatif dalam Menunjang Masyarakat yang Mandiri”. Lomba ini akan diselenggarakan di kampus Itenas dengan time line waktu yang telah ditentukan. Selain itu, akan diselenggarakan lomba fotografi dengan tema “Infrastruktur di Kotaku” yang dapat diikuti oleh siswa/i SMK/SMA dan mahasiswa teknik sipil.

2. Seminar Nasional

Seminar ini bertemakan tentang material perkerasan jalan dengan judul “Daur Ulang Aspal” yang dikhususkan untuk mahasiswa teknik sipil. Seminar ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai metode baru dalam dunia teknik sipil terutama konstruksi jalan yaitu daur ulang aspal.

3. Pameran Teknik Sipil

Pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan teknik sipil ke masyarakat luas dengan menghadirkan alat-alat yang berhubungan dengan teknik sipil seperti alat berat, alat-alat pengujian, miniatur bangunan-bangunan teknik sipil, dan sebagainya. Dalam pameran ini akan bekerja sama dengan dinas-dinas terkait seperti PUSJATAN, PUSAIR, dan PUSKIM.

4. Pengabdian Masyarakat

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari bentuk kegiatan Civil Festival 9 dengan tujuan menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang “Pengabdian kepada Masyarakat”. Kegiatan ini yaitu penanaman pohon mahoni di lokasi Situ Cisanti (kilometer 0 Sungai Citarum) yang dilakukan oleh anggota Himpunan Mahasiswa Sipil.

5. Malam Puncak Civil Festival 9

Malam puncak adalah rangkaian akhir dari Civil Festival 9 yang bertujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat umum. Pada acara ini, akan diundang musisi atau band-band Kota Bandung untuk menampilkan performance-nya di atas panggung Itenas.

Waktu Pelaksanaan

Adapun jenis dan waktu pelaksanaan kegiatan Civil Festival 9 adalah sebagai berikut:

1. Pameran Teknik Sipil

Hari, Tanggal : Selasa dan Rabu, 19 dan 20 Maret 2019
Pukul : 08:00 – 16:00
Tempat : Pelataran GSG Itenas

2. Pengabdian Masyarakat

Hari, Tanggal : Minggu, 17 Maret 2019
Pukul : 07:00 s/d 15:00
Tempat : Situ Cisanti

3. Malam Puncak Civil Festival 9

Hari, Tanggal : Kamis, 21 Maret 2019
Pukul : 16:00 – 23:00
Tempat : Pelataran Parkiran Itenas

Komentar

Popular Posts