Seminar Nasional

Seminar Nasional Pengembangan dan Pembangunan Sarana Transportasi Berbasis Rel di Indonesia

Terdapat berbagai pilihan alternatif moda transportasi yang dapat digunakan oleh masyakat, seperti transportasi darat, air, dan udara. Dengan pertimbangan aspek harga, kenyamanan, dan sebagainya kereta api masih menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai keunggulan yang menyebabkan kereta api dapat menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat. Terutama pada akhir-akhir ini kereta api sedang marak dibicarakan, yaitu karena akan adanya kereta api cepat Bandung – Jakarta.

Melihat kondisi tersebut Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Itenas Bandung mengadakan acara Seminar Nasional yang mengangkat judul “Pengembangan dan Pembangunan Sarana Transportasi Berbasis Rel di Indonesia”. Acara seminar nasional ini sebagai rangkaian dari acara Civil Festival 6, yang dilaksanakan pada tanggal 21 April 2016 bertempat di Bale Dayang Sumbi, Gedung Serba Guna (GSG) Itenas Bandung, acara ini dimulai pada pukul 09.00 – 16.00 WIB. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjtkan dengan sambutan dari Ketua Civil Fest 6 yaitu Arief Fadillah, sambutan dari Ketua HMS Itenas yaitu Kamil Budianto, dan sambutan yang terakhir dari Rektor Itenas, yaitu Dr. Imam Aschuri, MT yang juga sekaligus membuka acara seminar nasional tersebut. Acara dilanjutkan dengan persembahan tarian selamat datang dari Lisenda.

Sesi pertama pemaparan dari Vice President Development Planning PT. KAI yaitu Canna Divertana Hernama dengan moderator Dr.techn Aswandy, Ir.,MT . Beliau memaparkan materi mengenai “Pengembangan Pembangunan Transportasi Berbasis Rel di Indonesia”. Setelah narasumber memaparkan materinya, kemudian dilanjutkan pada sesi tanya jawab. Kemudian acara dilanjutkan dengan pmeberian plakat kepada narasumber oleh Dekan FTSP yaitu Abinhot Sihotang, ST.,MT. Sebelum dilanjut pada pemaparan oleh narasumber kedua, dilakukan coffee break untuk para peserta serta narasumber dan juga tamu undangan.

Narasumber yang kedua yaitu Dr. Dwi Prasetyanto, Ir.,MT, beliau memaparkan materi tentang “Itegrasi Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung dengan Angkutan Berbasis Rel Metropolitan Bandung Raya”. Kemudian pemberian piagam oleh Ketua Jurusan Teknik Sipil Itenas yaitu Kamaludin, Ir.,MT.,M.Kom kepada narasumber yang kedua. Kemudian acara seminar ini dilanjutkan pada sesi yang ketiga yaitu narasumber dari Akademisi Teknik Lingkungan Itenas yakni Eka Wardhani, ST.,MT yang menyampaikan materi mengenai “Amdal dan Tata Ruang Mengenai Kereta Cepat di Indonesia”, dengan moderator pada sesi ketiga ini adalah Bernardinus Herbudiman, ST.,MT. Setelah memaparkan materi dan dilakukan tanya jawab kemudian dilanjutkan dengan pemberian piagam oleh Ketua HMS Itenas yaitu Kamil Budianto kepada narasumber yang ketiga.

Pada sesi keempat narasumber dari Direktur Utama PT. KCIC yaitu Hanggoro Budi Wiryawan, beliau menyampaikan materi mengenai “Proyek Kereta Cepat dengan Rute Jakarta-Bandung”. Setelah selesai menyampaikan materi pemberian plakat diberikan oleh Kaprodi Jurusan Teknik Sipil Itenas yaitu Bernardinus Herbudiman, ST.,MT.

Acara terakhir dari seminar nasional ini ditutup dengan pembagian doorprize untuk para peserta, dengan mengambil nama-nama dari peserta yang mengikuti seminar nasional. Dengan diadakannya acara ini diharapkan semua pihak yang terlibat dapat mengambil manfaatnya.


Komentar

  1. Artikel ini sangat menarik. Terimakasih atas informasi yang telah diberikan. Informasi ini sangat membantu

    ST3 Telkom

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts