Job Fair

Job Fair

Job fair atau yang sering juga disebut bursa kerja adalah sebuah acara yang diselenggarakan khusus untuk para pencari kerja. Job fair ini sebagai sarana untuk mempertemukan perusahaan dengan calon-calon pegawainya. Tujuan dari job fair adalah untuk menyerap tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguaran. Manfaat yang didapat oleh perusahaan yaitu dapat menemukan banyak kandidat atau calon karyawan untuk perusahaan itu sendiri.

Sedangkan manfaat job fair untuk para pencari kerja merupakan tempat untuk menemukan berbagai pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Dimana mereka dapat memasukan lamaran langsung dari masing-masing perusahaan. Selain itu dapat juga langsung mengetahui informasi posisi pekerjaan yang dibutuhkan dari perusahaan tersebut.

Sebagai salah satu ajang untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat, Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Itenas Bandung mengadakan acara job fair yang juga merupakan salah satu rangkaian dari acara Civil Festival 6 ( Adhi Warna Heksa). Job fair ini diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 19 – 20 April 2016. Acara ini bertempat di Bale Dayang Sumbi, Gedung Serba Guna (GSG) Itenas Bandung, yang dimulai pada pukul 10.00 – 16.00 WIB. Pada hari pertama dibuka dengan sambutan dari Ketua HMS Itenas yaitu Kamil Budianto, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Civil Fest 6, yaitu Arief Fadillah.

Job fair ini di isi dengan 26 perusahaan, seperti PT Smartfren Telecom, Tbk, Kawan Lama Group, PT Elang Perdana Tyre Industry, Arista Group, PT Leuwijaya Utama Textile, PT HDHT Teknologi Indonesia, PNM (Persero), PT Swakarya Insan Mandiri, Bank BTPN Syariah, Corner Kebab, PT Xsis Mitra Utama, PT Mandala Multifinance, PT Pharos Indonesia, PT Mega Finance, Home Credit, dan masih banyak lagi.

Selama acara job fair berlangsung juga diadakan seminar karir yang berjudul “ Rahasia Tanya-Jawab Interview Kerja”, seminar ini ditujukan untuk para pengunjung job fair yang datang. Selain seminar yang diadakan, ada pula interview langsung yang dilaksanakan oleh PT. Elang Perdana Tyre Industry. Pada hari pertama jumlah pengunjung yang datang adalah 203 orang, sedangkan pada hari kedua adalah 245 orang.

Semoga dengan adanya acara job fair ini dapat membantu masyarakat dalam mencari pekerjaan, serta dapat juga mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Dan untuk perusahaannya semoga dapat menemukan calon keryawan yang sesuai.



Komentar

Popular Posts