LATIHAN DASAR ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN (LDOK) HMS ITENAS

Krisis kepemimpinan muda negeri semakin memasuki fase akut. Banyak kalangan mengkhawatirkan budaya ‘manja’ yang menjangkiti generasi baru akan berdampak fatal pada kemandirian bangsa. Dapat dibayangkan, apa yang akan terjadi pada bangsa untuk 5 atau 10 tahun lagi. Oleh karena itu perlu sebuah usaha yang berkelanjutan agar generasi muda mampu menjadi tumpuan harapan. Sebuah generasi seperti yang dicita-citakan bersama.

Sebagai salah satu jalan mencapai cita-cita tersebut, Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Itenas Bandung mengadakan pelatihan kepemimpinan bagi anggota HMS Itenas. Agenda tahunan ini diikuti secara antusias dan aktif oleh peserta.

Kegiatan LDOK ini merupakan salah satu program kerja Ketua Himpunan setiap tahunnya. LDOK ini juga dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi dan rasa kekeluargaan anggota HMS Itenas, terbentuknya rasa kebersamaan anggota, serta sebagai sarana untuk menambah wawasan tentang tanggungjawab, organisasi, manfaat organisasi dan mengembangkan jiwa kepemimpinan. 

Kegiatan ini dilaksankan selama 2 hari berturut – turut dengan sesi yang berbeda. Sesi pertama  dilaksanakan pada tanggal 14 November 2015 bertempat di Ruang Audio Visual gedung 12 Itenas yang dimulai pada pukul 14.00 – 18.00 WIB. Acara pembuka, seluruh peserta dan panitia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama yang dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Ridwan Sidik dan Ketua HMS Itenas yaitu Kamil Budianto.

Pada sesi ini, para peserta yang merupakan anggota HMS Itenas diberikan materi tentang loyalitas dan tanggungjawab oleh Gilang Ardiansyah, S.T selaku alumni jurusan Teknik Sipil Itenas angkatan 2006. Para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh Aprin Aryanata, S.T selaku alumni jurusan Teknik Sipil Itenas angkatan 2009. Setelah para pembicara menyampaikan materinya, selanjutnya para pembicara diberi plakat oleh Ketua Pelaksana dan Ketua HMS Itenas. Sebelum sesi ini ditutup, tim panitia memberikan kelompok kepada para peserta untuk acara pada sesi kedua yang akan dilaksanakan tanggal 15 November 2015.


Sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 15 November 2015 di Bumi Perkemahan Cikole Lembang, yang dimulai pukul 09.00 – 18.00 WIB. Sebelum keberangkatan ke Cikole, seluruh anggota berkumpul di kampus Itenas sejak pukul 07.00 WIB kemudian berangkat perkelompok menggunakan kendaraan. Tiba di lokasi, para peserta beristirahat sejenak setelah melewati perjalanan yang cukup panjang sebelum berkegiatan kembali. Pada kegiatan disesi kedua ini, terdapat berbagai macam permainan (games)untuk menerapkan materi yang telah diberikan pada sesi pertama, peserta diberikan games tentang pengertian kepemimpinan, tipe-tipe kepemimpinan, serta gamesyang berifat memecahkan masalah. Selain itu, ada sesi sharing tentang organisasi dan dilanjutkan dengan sesi makan bersama, untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan sesama anggota Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Itenas.

Kegiatan LDOK ini ditutup dengan foto bersama dan penutupan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Sipil Itenas. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk seluruh anggotaa HMS kedepannya serta dapat meningkatkan semangat para anggota untuk menjalankan roda organisasi. [Departemen Infokom/T.Sipil 2012]



















Komentar

Popular Posts