Kunjungan Studi ke Bendungan dan PLTA Cirata Purwakarta

            Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun dan merenovasi infrastruktur yang berguna bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Mahasiswa baru 2015 umumnya masih awam terhadap bangunan sipil baik dalam konstruksi maupun fungsinya. Maka dari itu sasaran utama pada kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa sipil Itenas namun di prioritaskan kepada mahasiswa baru angkatan 2015.

Pengenalan konstruksi bangunan menjadi salah satu wujud aplikasi dari matakuliah konstruksi bangunan yang sudah dijalanan oleh mahasiswa sehingga mahasiswa dapat memahami dalam bentuk nyata suatu bentuk konstruksi bangunan sipil. Salah satu konstruksi bangunan yang berguna bagi masyarakat adalah infrastruktur Bendungan dan PLTA. Salah satu bendungan yang cukup dikenal ada di Cirata Purwakarta.

Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 15 Desember 2015. Keberangkatan dimulai pada pukul 07.00 dan sampai pada pukul 10.00 di tempat. Setelah itu dimulai sambutan dari Manager Pemeliharaan BPWC selaku perwakilan dari Bendungan dan PLTA dan Pak Herbudiman selaku perwakilan dari Itenas. Setelah itu peserta kunjungan studi diberikan materi tentang struktur Bendungan dan PLTA beserta fungsi dari infrastruktur tersebut. Lalu setelah itu para peserta melakukan observasi terhadap Bendungan dan PLTA. Kunjungan studi selesai pukul 15.30 dan para peserta pulang pada pukul 16.00.

Kunjungan Studi ini bertujuan untuk memperkenalan kepada seluruh mahasiswa sipil Itenas bahwa pada teknik sipil tidak hanya selalu berkaitan tentang bangunan gedung maupun jembatan, namun teknik sipil pun bisa membangun infrastruktur yang berguna bagi manusia dalam menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Dengan adanya kunjungan studi ini diharapkan partisipan dapat mengenal lebih jauh tentang bidang teknik sipil dan lebih menambah wawasan tentang Bendungan dan PLTA khususnya yang dapat diciptakan oleh manusia dengan berbagai manfaat. [Departemen Infokom/T.Sipil 2012]









Komentar

Popular Posts