Wisuda Teknik Sipil ITENAS Periode Oktober 2015

Wisuda Teknik Sipil ITENAS Periode Oktober 2015



        Penyelenggaraan acara wisuda Institut Teknologi Nasional Bandung dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Oktober 2015, bertempat di Gedung Serba Guna ITENAS.Seluruh fakultas yang ada ikut berpartisipasi untuk mensukseskan acara tersebut.

    Terkhusus untuk Jurusan Teknik Sipil, Himpunan Mahasiswa Sipil ITENAS (HMS) menyelenggarakan acara syukuan yang bertempat diruang Audio visual gedung 12 teknik sipil. Acara syukuran ini bertujuan untuk mengapresiasi kelulusan wisudawan/wati teknik sipil, serta member penghargaan kepada wisudawan/wati atas jasa dan kerja kerasnya dalam memajukan HMS ITENAS selama 4 tahun masa aktif keanggotaannya. Selain itu, acara syukuran ini diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi antar anggota, anggota dengan wisudawan, maupun seluruh civitas akademik dengan alumni lulusan Teknik Sipil ITENAS.

     Dalam periode ini, acara syukuran yang sudah dilakukan secara turun temurun tersebut diamanatkan kepada angkatan 2014 sebagai penanggung jawab acara. Persiapan sudah dilakukan sebulan sebelum acara dilaksanakan. Mulai dari pemilihan ketuadan struktur kepanitiannya, sampai pengumpulan dana untuk biaya penyelenggaraan. 

           Berikut struktur kepanitian syukuran wisuda periode oktober 2015 
     Dalam berbagai perencanaan sesuatu, pasti selalu ditemukan dan dihadapkan pada suatu permasalahan ataupun kesulitan. Saya jadi ingat sebuah quotes “seorang pelaut yang tangguh tidak lahir dari laut yang tenang” saya setuju sekali dengan kalimat tersebut, karna memang benar kita belajar dari suatu permasalahan yang kita hadapi. Nah, begitu pun saya dengan panitia yang lain rasakan selama menjadi panitia wisuda. Banyak permasalahan dan kesulitan yang kami hadapi. Untuk memecahkan kesulitan tersebut, kami sering mengadakan rapat panitia. Yang merupakan hal yang dapat membangun kerjasama tim dan kekompakan karena dibutuhkan pertukaran pendapat, pikiran dan kerjasama yang baik. Kesungguhan para anggota untuk mensukseskan acara ini begitu besar membuat semuanya terasa ringan.

          Tema acara yang diangkat pada acara syukuran wisuda periode Oktober 2015 adalah “Treasure” dengan judul acara “Footstep to Glory”.

      Pada hari pelaksanaan, seluruh civitas akademik Teknik Sipil ITENAS berkumpul untuk meramaikan acara, takterkecuali Teknik Sipil Angkatan 2015. Antusias untuk mensukseskan acara syukuran ini begitubesar, dapat dilihat dari anggota yang datang untuk meramaikan.

        Pada pukul 11.15 lewat, para wisudawan/wati meninggalkan Gedung Serba Guna ITENAS tanda selesainya acara wisuda ITENAS periode Oktober 2015.Di luar gedung, sudah bersiap seluruh civitas akademik masing-masing jurusan untuk menyambut wisudawan/watinya. Penyembutan wisudawan/wati diiringi oleh yel-yel khas jurusan masing-masing. Senang dan haru, itulah yang dirasakan oleh anggota keluarga dan wisudawan/wati itu sendiri. 

        “Akhirnya, setelah menempuh pendidikan selama 6 tahun, ananda lulus juga. Berharap dia sudah siap menempuh dunia kerja”. Kata tersebut merupakan doas ekaligus pujian dari salahs atu orang tua wisudawan/wati lulusan Teknik Sipil ITENAS.

         Selepas keluar dari GSG, parawisudawan/wati dipersilahkan menuju ruang Audio visual gedung 12 teknik sipil untuk menghadiri acara syukuran. Dilakukan upacara penyambutan di pelataran gedung 12 sebelumnya. Sekali lagi, penyambutan wisudawan/wati diiringi oleh yel-yel Himpunan Mahasiswa Sipil ITENAS.

       Acara syukuran berlangsung lancar dengan dihadirkannya Ketua Prodi sebagai pemberisambutan dan ucapan selamat kepada wisudwan/wati. Selain itu, acara syukuran berlangsung lebih hikmat dengan pemotongan tumpeng oleh wisudwan/wati yang disaksikan oleh civitas akademik teknik sipil yang hadir dalam acara. Tak lupa juga pemberian plakat tanda penghargaan kepada wisudawan/wati yang sudah berjasa memajukan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil.

        Seusai acara inti berlangsung, para civitas akademik bergembira dengan sesi hiburan yang dihadirkan oleh anggota maupun alumni yang hadir.Hal ini mencairkan suasana yang sebelumnya hikmat menjadi santai. Selain itu, tujuan acara ini tercapai, diliha tdari anggota dan alumni membaur bergembira tetapi serius. “Haru, keren” ungkap salah satu rekan saya yang menjabat sebagai koordinator publikasi dan dokumentasi, Bambang. Saya sempat mengabadikan moment yang menurut saya paling haru dan keren, ketika angkatan semua anggota angkatan 2010 baik yang wisuda pada saat itu maupun yang masih berkuliah berkumpul dan saling merangkul membentuk lingkaran. Sang ketua angkatan berbicara ditengah lingkaran tersebut dan ini yang membuat saya terharu luar biasa, ada kalimat yang diucapkan ketua angkatan 2010 saat itu “ ini bukanlah akhir, ini adalah permulaan. Permulaan bagi kalian yang sudah lulus menjadi sarjana teknik, keluarga kita mulai berkurang, tapi jangan tali silahturami kekluargaan jangan sampai berkurang. Kita adalah keluarga seumur hidup” ini yang bikin saya terharu. Ujar bambang.

           Dalam suatu kekeluargaan, dibutuhkans ilaturahmi dan saling menghargai yang baik. Kedua hal tersebut bukanlah hal yang sepele karena dapat berdampak positif untuk jangka panjang kedepannya. Positif disini tidak dapat diartikan, saking banyaknya hal itu.Tetapi kita kadang males untuk mempertahankannya, kebanyakan karena malu-malu. Memangsulit, karena kesuksesan itu tidak mudah untuk didapatkan.

        Acara syukuran ini salah satu jalan untuk mempermudah semua hal sulit yang ada, dan angkatan 2014 dengan suksesnya menyelenggarakan acara tersebut, walaupun terdapat beberapa kesalahan kecil tanda masih belaja rmenambah pengalaman.



            Sukses terus HMS ITENAS. HAI GENK!!! SIPIL… SIPIL… SIPIL…



Written by           
Mira Gautami        
Andi Dwi Satria Odang

Komentar

Popular Posts