Dies Natalis HMS 29

DIES NATALIS HMS KE 29 (2014)


Dies Natalis HMS Itenas merupakan momentum yang perlu diperingati sebagai inspirasi dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi dan sebagai wadah menyalurkan aspirasi mahasiswa dalam mengembangkan kreativitasnya yang merupakan kebanggaan kita bersama sebagai cikal bakal almamater tercinta.
Seiring bertambahnya usia yang memasuki umur 29 tahun, HMS telah mengalami perubahan dan perkembangan yang membawa pengaruh terhadap civitas mahasiswa sipil maupun institusi. Di angka 29 ini, Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) kembali mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk memperingati hari jadinya tersebut bertajub “ORYZA SATIVA” yang berarti sebuah padi dengan harapan HMS dapat tumbuh berkembang seperti filosofi sepucuk padi “MAKIN BERISI MAKIN MERUNDUK”. Acara ini mempunyai tujuan umum yaitu untuk mempererat tali silaturahmi sesama  HMS, alumni, jurusan, dan seluruh warga Itenas. Pada Tahun ini Dies Natalis HMS mempunyai beberapa rangkaian acara yaitu:
      1.      POS (Pekan Olahraga Sipil)
      - Futsal
      - Basket
      - Tenis Meja
      - Volley 
2. Reuni Akbar
3. Malam Syukuran
4. Malam Puncak ORYZA SATIVA
            Seluruh cabang olahraga yang ada di POS dilaksanakan sejak tanggal 1 November 2014 s/d 3 Desember 2014 di area lapangan olahraga Itenas yang diikuti oleh seluruh Himpunan Mahasiswa Jurusan Itenas (HMJ). POS ini dimeriahkan oleh 32 tim futsal , 6 tim volley, 8 tim basket, dan 14 tim tenis meja. Pertandingan POS dilaksanakan setiap hari yang dimulai pukul 16.00-22.00 WIB, kecuali hari Minggu. Seluruh warga Itenas sangat antusias dengan kegiatan tahunan yang diadakan oleh HMS ini.
            Salah satu rangkaian kegiatan dari Oryza Sativa yang sangat besar dan terakhir kali diadakan pada tahun 2007 adalah Reuni Akbar Teknik Sipil Itenas. Reuni Akbar ini diadakan pada tanggal 29 November 2014 dengan bertujuan untuk menyambung dan mempererat tali silaturahmi antara alumni dengan alumni, alumni dengan dosen, dan alumni dengan mahasiswa/i. Selain itu, Reuni Akbar merupakan solusi alternatif dalam mengaktifkan kembali Ikatan Alumni Sipil Itenas (IASI). Pengaktifan IASI ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi antar alumni, mahasiswa dengan alumni, dan Institusi dengan alumni. Untuk menyukseskan acara reuni akbar ini, panitia beberapa kali mengadakan rapat koordinasi dengan para alumni untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan tujuan menentukan koordinator dari setiap angkatan agar setiap angkatan mudah mendapatkan informasi tentang persiapan Reuni Akbar ini, menentukan tema talkshow, dan merencanakan setiap detailnya dalam acara secara bersama-sama. Acara ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Itenas.
            Pada pelaksanaannya, reuni akbar ini dimulai sejak pukul 13.00 WIB yang dibuka dengan tari merak dan beberapa persembahan spesial dari para anggota HMS Itenas, serta sambutan-sambutan dari pihak-pihak terkait seperti Rektor Itenas Bapak Dr. Imam Aschuri, Ketua Jurusan Teknik Sipil Bapak Ir. Kamaludin, Ketua HMS Lutfy Ahmad Fauzi, dan Ketua Pelaksana Ferdy Aditya. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 350 orang ini berlangsung sangat meriah, suasana acara yang begitu sangat santai dan tidak terlalu formal, serta suasana temu kangen para alumni yang sudah lama tidak bertemu begitu sangat hangat membuat acara ini terasa sangat menyenangkan. Untuk menambah kemeriahan acara, panitia menyiapkan beberapa suguhan spesial diantaranya bernyanyi bersama lagu-lagu yang hits pada masanya, penampilan dari para Pom-Pom Boys professional, serta pemutaran video dokumenter yang berisikan foto-foto dari setiap angkatannya. Setelah disuguhkan dengan beberapa hiburan spesial, acara yang dipandu oleh Daan “P-Project” dan Diah “Sipil 96” ini tibalah pada sesi utama yaitu diskusi mengenai pengaktifan kembali Ikatan Alumni Sipil Itenas (IASI). Setelah banyak ide maupun pendapat yang dikeluarkan dari hampir setiap angkatannya, maka diputuskan untuk memilih seorang ketua IASI dengan cara voting. Hasil voting dari setiap angkatan ini menghasilkan seorang ketua IASI yaitu Bapak Ir. D Bhimarjuna dari Teknik Sipil 1982, yang pada saat masa kuliahnya juga pernah menjabat sebagai Ketua HMS Itenas. Di akhir acara, tidak lupa juga untuk melakukan sesi foto angkatan masing-masing serta foto bersama antara anggota HMS selaku panitia dengan para alumninya selaku tamu undangan.

            Rangkaian kegiatan selanjutnya dari acara Dies Natalis HMS Itenas ke 29 adalah Malam Syukuran, dimana pada acara ini diadakan berbagai perlombaan utnuk para anggota HMS Itenas seperti lomba bakiak, tarik tambang, dan lain-lain, untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan sesama anggota HMS Itenas, serta tidak lupa pula akustikan dan makan bersama. Acara ini diadakan di depan gedung 12 Itenas, karena membutuhkan lahan yang luas untuk perlombaan-perlombaan tersebut. Menjelang pukul 12 malam, seluruh anggota berkumpul dan membentuk lingkaran besar di depan GSG Itenas untuk sesi renungan dan evaluasi segala sesuatu yang terjadi di himpunan selama satu tahun terakhir. Pengurus dan alumni mengisi acara dalam kegiatan ini, tak lupa pemberian simbol dari acara ini dengan pemotongan tumpeng. Setelah para pengurus dan alumni memberikan wejangan, saatnya pelepasan lampion yang menyimbolkan doa atas segala harapan ditahun selanjutnya.
            Untuk menambah kemeriahan Dies Natalis HMS Itenas ke 29 ini, pada tanggal panitia menyiapkan malam puncak acara yang merupakan puncak dari segala rangkaian kegiatan dari Dies Natalis HMS ke 29 ini yang bertempat di Lapangan Basket Itenas. Pada malam puncak ini seluruh peserta dari kegiatan Pekan Olahraga Sipil (POS) diundang untuk menikmati acara dan menerima penyerahan piala bagi para pemenangnya, tidak lupa pula mengundang para senior dan alumni HMS Itenas. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2014 ini menampilkan hiburan musik dari para anggota HMS Itenas, serta video dokumenter yang berisikan tentang segala rangkaian kegiatan yang sebelumnya.
Melalui acara Dies Natalis HMS ke 29  “ORYZA SATIVA”  ini hendaknya menjadi ajang menigkatkan kompetensi dan memberikan ruang bagi generasi muda untuk mengekspresikannya dalam kegiatan ini. Semoga di umur HMS Itenas yang ke 29 ini, HMS Itenas semakin berkembang dan semakin menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik.
Sampai berjumpa di Dies Natalis HMS Itenas tahun depan.

Hii Genk… Sipil!! Sipil!! Sipil!!!
(Ardi Suhendra / T. Sipil 2011)

Dept. INFOKOM HMS 2014/2015

FOTO LAINNYA:
- Opening Dies Natalis HMS 29
- Pekan Olahraga Sipil
- Reuni akbar
- Malam Puncak

Komentar

Posting Komentar

Popular Posts