DESA BINAAN 2015

DESA BINAAN 2015
 SIMADES (Sipil Masuk Desa)
“Tunjukan loyalitasmu dalam memberikan dampak kepada kehidupan”


Di dalam Perguruan Tinggi pasti dikenal yang namanya Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat yang bertujuan untuk menciptakan mahasiswa yang berpendidikan dan berguna tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga berguna bagi masyarakat. Akan tetapi di Indonesia sudah hampir luntur semangat juang yang dulu sangat membara dalam hal gotong royong khususnya di masalah pembangunan. Kemajuan pembangunan di negara kita mengalami suatu permasalahan yaitu kurangnya pemerataan pembangunan. Pembangunan hanya dititik beratkan pada kawasan perkotaan, sedangkan di pedesaan kurang mendapat perhatian sehingga kesejahteraan rakyat di pedesaan mengalami kualitas yang buruk. Sangat ironis apabila kita melihat wajah ibukota yang dihiasi dengan gedung pencakar langit, sedangkan banyak desa di Indonesia memiliki fasilitas MCK dan kualitas air yang kurang baik.
Berangkat dari hal itu, Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) kembali melaksanakan salah satu program kerjanya yang hampir setiap tahun dilaksanakan ini. Pada tahun ini Desa Binaan 2015 diberi tema yaitu SIMADES (Sipil Masuk Desa). Kegiatan sosial ini dilaksanakan di desa yang sama dengan desa pada tahun sebelumnya yaitu di Desa Cirendeu, Cimahi. Pemilihan desa yang sama ini dikarenakan ingin melanjutkan beberapa pekerjaan perbaikan/renovasi yang telah dikerjakan pada tahun sebelumnya dan menjadikan Desa Cirendeu ini sebagai desa binaan HMS Itenas yang akan terus berkelanjutan.
Setelah melakukan survey dan obrolan dengan beberapa tokoh di desa tersebut, dibuatlah kesepakatan untuk melakukan beberapa pekerjaan di RW 10. Beberapa pekerjaan tersebut meliputi; renovasi 2 MCK, renovasi jalan, gotong-royong membersihkan lingkungan sekitar desa termasuk pembersihan saluran drainase, serta pembuatan tugu HMS. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2015 yang dimulai sejak pagi hingga sore hari. Sebelum berangkat menuju Desa Cirendeu, para anggota HMS berkumpul di kampus Itenas pukul 07.00 WIB. Setelah semua siap seluruh anggota berangkat secara perkelompok agar tidak menambah kepadatan lalulintas kota Bandung-Cimahi. Perjalanan menuju Desa Cirendeu ditempuh selama kurang lebih 1 jam.
Tiba di lokasi, seluruh anggota langsung berkumpul diBale Saresahan untuk acara pembukaan yang juga dihadiri oleh beberapa tokoh di desa tersebut, termasuk ketua RT dan ketua RW.Selesai pembukaan, seluruh anggota dibagi dalam beberapa kelompok kerja untuk melakukan beberapa pekerjaan di 2 RT yaitu RT dan RT. Kelompok kerja yang dibagi ke dalam 2 RT ini, dibagi lagi untuk melakukan pekerjaan secara spesifik, ada yang merenovasi MCK, melakukan pekerjaan jalan, membersihkan saluran drainase dari sampah-sampah, memotong rumput, membuat tugu HMS, dan pekerjaan-pekerjaan gotong-royong lainnya. Kondisi warga yang ramah dan sangat antusias, membuat pekerjaan menjadi lebih santai tapi serius sehingga menimbulkan kedekatan antar anggota HMS dengan warga desa.Kegiatan ini juga turut dihadiri beberapa alumni senior yang datang untuk memantau dan sekedar bercengkerama dengan anggota HMS dan warga sekitar.
Memasuki waktu siang, kegiatan diistirahatkan untuk melaksanakan shalat Dzuhur dan persiapan makan siang. Agar semakin terciptanya rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar angoota HMS, makan bersama dilaksanakan di Bale Saresehan. Waktu istirahat selesai, kegiatan dilanjutkan kembali sampai semua yang dikerjakan di desa tersebut selesai sesuai rencana dan target.
Setelah semua pekerjaan selesai, sekitar pukul 17.00 WIB, seluruh anggota kembali berkumpul di Bale Saresehan untuk mempersiapkan keberangkatan pulang. Sebelum pulang, dilakukan acara penutupan dan foto bersama, serta pamitan dengan warga desa tersebut.
Semoga kegiatan sosial seperti ini bisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan untuk membantu sesama dan bermanfaat bagi semua pihak, khususnya untuk seluruh anggota Himpunan Mahasiswa  Sipil agar semakin terciptanya kekompakan, kebersamaan, dan kekeluargaan, serta rasa memiliki himpunan.
Haii Genk… Sipil!! Sipil!! Sipil!!!
(Ardi Suhendra / T. Sipil 2011)
Dept. INFOKOM HMS 2014/2015
















Komentar

Popular Posts