DESA BINAAN HMS 2013




            Pembangunan pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Saat ini pembangunan infrastruktur, fasilitas umum di Indonesia telah menuju pada arah kemajuan yang  cukup pesat. Wajah-wajah ibukota Tanah Air sudah banyak dihiasi oleh gedung pencakar langit, perkantoran,  perumahan mewah, dan fasilitas umum yang mutunya semakin hari semakin baik.
Namun kemajuan pembangunan di negara kita mengalami suatu permasalahan yaitu kurangnya pemerataan pembangunan. Pembangunan hanya dititikberatkan pada kawasan perkotaan, sedangkan di pedesaan kurang mendapat perhatian sehingga kesejahteraan rakyat di pedesaan mengalami kualitas yang buruk. Sangat ironis apabila kita melihat wajah ibukota yang dihiasi dengan gedung pencakar langit, sedangkan banyak desa di Indonesia memiliki fasilitas MCK &  kualitas air yang kurang baik.
Semua permasalahan di atas menjadikkan dasar kami dari Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Itenas untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan berupaya membantu merapihkan desa. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampung Sekedangdeur, Kelurahan Pasanggrahan , Kecamatan Ujung Berung, Kabupaten Bandung Timur.
Desa Binaan HMS merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Sipil Itenas  (HMS Itenas), yang sebelumnya acara bakti sipil ini pernah dilaksanakan pada tahun 2011. Program ini merupakan suatu bentuk pengaplikasian poin ke-3 dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, dan sebagai sarana meningkatkan kepedulian anggota HMS, serta sebagai sarana pengaplikasian disiplin ilmu khususnya di bidang teknik sipil. Desa binaan kali ini dilaksanakan 2 sesi, sesi pertama dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Desember 2013, dan sesi kedua akan dilaksanakan pada awal bulan maret 2014 nanti di lokasi yang sama, mengingat volume pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan dalam satu sesi.
Acara ini dibuka oleh Lurah dan Ketua RW setempat dan dilaksanakan oleh anggota HMS dan beberapa orang dari karang taruna setempat. 



Tiba di lokasi
Pembukaan Acara Desa Binaan Bersama Bapak Lurah

Pekerjaan yang dilakukan pada sesi pertama yaitu pengecetan Mushola Al-Khoeriyyah,  pembersihan dan perapihan saluran drainase sekitar lokasi, pembuatan beberapa bak sampah di lokasi setempat, pelebaran dan perataan jalan setapak yang natinya akan dipasang paving block menuju lokasi MCK umum di lokasi setempat, serta gotong royong membersihkan lingkungan kampung sekitar.



Makan malam bersama



 
Diharapkan dengan dilaksanakannya acara Desa Binaan ini dapat meberikan banyak manfaat untuk anggota HMS dan untuk kelurahan Pasanggrahan khususnya, serta dapat membangun relasi positif antara HMS dengan masyarakat Pasanggrahan. Diharapkan acara Desa Binaan sesi Kedua nanti bisa terlaksana dengan baik dan lancar.  Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi acara Desa Binaan kali ini. (Infokom-HMS)


Komentar

Popular Posts